Kamis, 31 Januari 2013

INVERSIO UTERI


I. INVERSIO UTERI
A. DEFINISI
Menurut Prof. dr. Ida Bagus Gde Manuaba, SpOG(K), 2004, Inversio uteri merupakan keadaan dimana fundus uteri masuk kedalam kavum uteri, dapat secara mendadak atau perlahan. Kejadian ini biasanya disebabkan pada saat melakukan persalinan plasenta secara Crede, dengan otot rahim belum berkontraksi dengan baik. Inversio uteri memberikan rasa sakit yang dapat menimbulkan keadaan syok.
Inversio uteri dibagi atas 3 keadaan :
  1. Inversio Uteri Derajat I
Fundus menjulur ke serviks, tetapi tidak melewatinya.
  1. Inversio Uteri Derajat II
Fundus menonjol ke serviks dan melewati cincin serviks.
  1. Inversio Uteri Derajat III
Fundus menjulur ke perineum. Jika fundus, serviks, dan vagina terlihat, keadaan ini merupakan prolaps uterus.

B. ETIOLOGI
            Inversio uteri dapat disebabkan oleh kesalahan penatalaksanaan kala III persalinan, yang meliputi:
  1. Traksi tali pusat yang dikontrol terlalu dini dan berlebihan sebelum tanda pelepasan plasenta.
  2. Traksi tali pusat yang dikontrol saat uterus relaksasi.
  3. Penggunaan tekanan fundus dengan atau tanpa traksi tali pusat.
Maka inversio uteri juga dapat terjadi secara spontan setelah dekompresi uterus mendadak, seperti pada kelahiran bayi makrosomia atau kembar, atau yang jarang terjadi, setelah peningkatan tekanan intra-abdomen pada uterus  dapat terdorong dan keluar akibat batuk dan muntah.
C. GEJALA
  1. Syok
  2. Fundus uteri sama sekali tidak teraba atau teraba tekukan pada fundus
  3. Nyeri hebat
  4. Perdarahan
D. DIAGNOSIS
Diagnosis tidak sukar dibuat jika diingat kemungkinan Inversio uteri. Pada penderita dengan syok, perdarahan, dan fundus uteri tidak ditemukan pada tempat yang lazim pada kala III atau setelah persalinan selesai. Inversio uteri derajat pertama dapat tidak diketahui karena fundus tidak terlihat pada introitus atau terpalpasi pada serviks dan mungkin tidak akan ada tanda dan gejala. Akan tetapi lekukan dapat terpalpasi pada fundus.
Inversio uteri derajat dua lebih mudah diidentifikasi. Pada inversio uteri derajat tiga, uterus tidak terpalpasi di abdomen dan pada pemeriksaan dalam, fundus yang mengalami inversi teraba di dalam vagina atau terlihat di introitus. Plasenta mungkin masih melekat atau sudah lepas. Inversio uteri derajat dua dan tiga memerlukan respons segera.  

E. TATA LAKSANA
1.  PENATALAKSANAAN DI RUMAH SAKIT
  • Bantuan
Seperti pada semua kedaruratan obstetri akut, bantuan harus dipanggil. Bantuan ini harus melibatkan ahli obstetri senior dan ahli anastesi obstetri.
  • Resusitasi dan Penanganan Syok
Bidan asisten melakukan tindakan ini ketika bidan yang memimpin persalinan berupa melakukan pengembalian uterus. Jika stabilitas sistemik tercapai, tujuan penatalaksanaan adalah mengembalikan uterus sesegera mungkin. Tindakan ini harus dilakukan sebelum cincin kontraksi serviks terbentuk.
  • Pengembalian Uterus
Apakah plasenta telah atau belum lepas, upaya harus dilakukan untuk mengembalikan uterus ke vagina jika uterus telah prolaps keluar introitus. Walaupun mengembalikan massa yang lebih kecil terlihat mudah, tidak boleh ada upaya melepas plasenta secara manual jika plasenta belum lepas sendiri. Melepas plasenta akan memperparah syok dan mengakibatkan hemoragi. Plasenta yang melekat dapat mencegah perdarahan karena sinus uterus tidak terbuka.
  • Reposisi Uterus secara Manual
Jika fundus uterus terpalpasi dan/atau terlihat, uterus harus dikembalikan. Metode yang lebih dipilih adalah manuver Johnson. Bidan memasukkan tangannya ke dalam vagina dan fundus ditahan oleh telapak tangan. Tekanan dikeluarkan di belakang dan sepanjang vagina kearah forniks posterior sampai uterus kembali di dalam vagina. Saat memasukkan uterus kembali ke serviks, penting untuk mereposisi bagian akhir uterus yang terinversi pertama guna mencegah tumpang tindih jaringan pada serviks yang selanjutnya memperparah udema dan kongesti. Posisi ini perlu dipertahankan paling tidak selama lima menit atau sampai terjadi kontraksi yang kuat untuk meyakinkan uterus masih didalam panggul. Setelah itu agen oksitosik intravena harus diberikan untuk mempertahankan kontraksi uterus, sesuai protokol di unit masing-masing. Hal ini memungkinkan serviks untuk membaik.
Jika pelepasan plasenta secara manual diperlukan, tindakan ini harus dikerjakan di ruang operasi dibawah pengaruh anastesi umum karena adanya resiko hemoragi pascapartum.
Jika pengembalian uterus secara manual gagal, selanjutnya diperlukan intervensi medis atau bedah. Intervensi tersebut dapat dilakukan pengenalan metode Hidrostatik O’Sullivan walaupun metode ini sangat jarang dilakukan dalam obstetri modern. Selain itu, agen tokolitik, seperti ritodrin atau salbutamol dapat digunakan untuk membuat cincin kontraksi serviks relaksasi. Saat cincin tersebut relaksasi, uterus dapat dikembalikan secara manual. Jika pengembalian uterus secara manual kembali gagal, diperlukan intervensi bedah melalui laparatomi dan kalau terpaksa dilakukan histerektomi bila uterus telah mengalami infeksi dan nekrosis.
2. PENATALAKSANAAN SEGERA DI RUMAH
  • Pelepasan Plasenta
Jangan melakukan tindakan apa pun untuk melepaskan plasenta, sesuai alasan diatas.
  • Bantuan
Panggil paramedis obstetri dan lakukan pemindahan segera ke rumah sakit. Beritahu unit maternitas terdekat yang memiliki konsultan.
  • Resusitasi dan Penanganan Syok
Kelancaran ventilasi harus terjamin, beri cairan infus intravena dan atasi penyebab syok. Jika syok perdarahan, hentikan perdarahan dan ganti kehilangan darahnya. Bila penyebab syok adalah infeksi, beri antibiotika dosis tinggi dan berspektrum luas. Pemberian deksametason juga sangat membantu.
  • Pengembalian Uterus
Jika uterus prolaps, harus dilakukan usaha untuk mengembalikannya ke vagina guna mencegah syok berikutnya dan mengurangi morbiditas maternal. Jika hal ini tidak memungkinkan, uterus dapat dibungkus dengan kassa steril yang dibasahi dengan saline hangat atau air hangat. Penggunaan kantong plastik dapat membantu memelihara kehangatan dan kelembapan. Seluruh kantong plastik ini dapat dibungkus dengan sebuah handuk untuk mempertahankan kelembapan serta kehangatan dan tindakan ini kemungkinan dapat memperlambat syok. Kantong plastik dapat mencegah handuk menempel pada uterus tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar