Rabu, 19 Desember 2012

Self Esteem



SELF ESTEEM

Berhenti Membandingkan diri dengan orang lain
            Ingat bahwa semua orang berbeda. Jika kamu mulai membuat perbandingan dengan setiap orang, kamu akan menyiksa dirimu sendiri dan tak ingin melakukan sesuatu dalam proses.

Berhenti Merendahkan diri sendiri
            Cobalah mengerti nilai – nilai positif diri sendiri sebagai individu. Kamu sangat istimewa dan kamu perlu menyadari hal itu. Jika kamu belum menemukan sesuatu yang menarik dalam dirimu, coba usahakanlah terus. Yakinlah bahwa banyak orang diluar sana yang akan menyukaimu, karena kamu memiliki daya tarik tersendiri.

Buatlah daftar kelebihanmu dan cobalah untuk merealisasikannya
            Fokuskan pada sesuatu yang membuat kamu istimewa atau sesuatu yang membuat orang lain nyaman bersamamu. Mungkin kamu memiliki senyum atau kemampuan yang membuat orang lain tertawa atau mungkin kamu memiliki bakat terpendam yang tidak pernah disadari. Kembangkanlah keistimewaan tersebut.

Lebih banyak melibatkan diri
            Cobalah untuk mencari hobi yang kamu sukai, bergabung dengan klub olahraga atau ikut bekerja sebagai sukarelawan. Manfaatkanlah waktu yang kamu miliki dengan maksimal, lebih banyak waktu yang kamu habiskan pada sesuatu terutama hal – hal yang menstimulus dirimu. Dengan begitu, akan semakin sedikit waktu untuk merendahkan diri sendiri.

Cari lingkungan positif
            Mungkin ada diantara kamu yang tinggal di lingkungan yang kurang baik dan tidak kondusif. Tentu hal itu akan sangat berpengaruh pada dirimu. Jika kamu sadar dan ingin berubah, cobalah untuk bergaul dan mencari lingkungan lain yang lebih baik sehingga dapat membuatmu bahagia, dan yang terpenting adalah meningkatkan rasa percaya dirimu serta semangat hidup.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar